Artikel Pilihan

loading...

Wanita Iran Haram Naik Sepeda

On 8:16:00 PM with No comments

loading...
loading...

Ada banyak hal yang terlarang dilakukan oleh kaum perempuan di Iran. Daftar kegiatan yang terlarang tersebut tampaknya bertambah satu.

Baru-baru ini Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin agama negara di Timur Tengah itu, telah membuat kecewa kaum perempuan. Sebab, Khamenei melarang kaum perempuan di negara itu untuk naik sepeda.
Alasannya, naik sepeda bisa menarik perhatian kaum laki-laki dan membuat masyarakat mudah terkorupsi. Sehingga naik sepeda itu dikhawatirkan akan melanggar kesucian perempuan. Dan itu harus ditinggalkan.

Merespons larangan itu, sebagian kaum perempuan membalas dengan memamerkan aksi mereka naik sepeda melalui gerakan protes di media sosial Facebook.
Mereka mengunggah foto dan video sedang mengendarai sepeda di sebuah lama Facebook berjudul My Stealthy Freedom.

Gerakan itu dipimpin oleh seorang jurnalis perempuan Iran bernama Masih Alinejad. Foto protes kaum perempuan Iran terhadap larangan naik sepeda itu juga disebar di akun Instagram Masih.
Perancis atau Iran sangat membatasi kebebasan kaum perempuan. Hak-hak mereka, bahkan sampai sekarang, terus dibatasi di saat mereka seharusnya bisa menikmati kebebasan yang sama seperti laki-laki.

Aturan lainnya di Iran mewajibkan perempuan memakai hijab ketika di depan umum. Jika ketahuan tidak memakai, akan dikenakan hukuman.
Seorang istri juga tidak bisa menceraikan suaminya kecuali dalam keadaan ekstrem. Namun pria dapat menceraikan istrinya tanpa alasan.

Seorang pria juga bisa melarang istrinya pergi bekerja jika ia berpikir itu mungkin mengganggu martabat keluarganya atau istrinya.
(Ism, sumber: www.indiatimes.com)
loading...
loading...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »