Artikel Pilihan

loading...

Job Fair Fasilitasi Eks-TKI Korea Bekerja Di Indonesia

On 8:46:00 PM with No comments

loading...
loading...

Bagi Anda yang pernah bekerja di Korea Selatan namun ingin lagi kembali ke luar negeri memiliki peluang besar bekerja di sejumlah perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia, menyusul program fasilitasi dalam bentuk Job Fair yang diinisiasi BNP2TKI dan EPS Center HRD Korea.




Deputi Penempatan Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Agusdin Subiantoro mengatakan para mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) tersebut sudah memiliki bekal pengalaman dan kemampuan bahasa Korea mereka saat bekerja di Korea Selatan. Di sisi lain, perusahaan Korea yang beroperasi di sini memang membutuhkan tenaga kerja.


“Kami harap Job Fair ini dapat diadakan secara rutin setidaknya 3 kali dalam setahun, utamanya untuk memberikan kesempatan eks-TKI Korea bekerja kembali di perusahaan Korea Selatan yang beroperasi di Indonesia,” ujarnya di sela-sela Job Fair yang diselenggarakan di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (5/10).
Job Fair bertema Happy Return tersebut memberi kesempatan kepada 121 mantan TKI Korea yang telah mendaftarkan diri untuk melakukan wawancara kerja secara langsung. Diharapkan, mereka dapat mengisi 71 lowongan pekerjaan pada berbagai jabatan di 19 perusahaan Korea Selatan.

“Kami akan terus berupaya untuk menfasilitasi para mantan TKI mendapatkan pekerjaan di Indonesia,” ujarnya didampingi Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI Hariadi Agah.




Kabag Humas BNP2TKI Servulus Bobo Riti menyatakan mantan TKI yang pernah bekerja di Korea Selatan itu jumlahnya mencapai ribuan orang.

“Kiranya perusahaan multinasional Korea Selatan dapat memanfaatkannya, tidak saja di Indonesia, tetapi juga di perusahaan-perusahaan MNCs (Multinational Companies) Korea di kawasan Asean,” ujarnya.
Yanto, warga Sragen mantan TKI Korea yang mengikuti Job Fair, telah tiga kali berangkat bekerja ke Korea dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

“Saya merasa pengalaman bekerja sebagai operator di perusahaan plastik dan spare-part mobil bisa mendukung saya mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan Korea yang beroperasi di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.
Dia mengungkapkan alasan dirinya melamar di perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan perhiasan itu karena dekat dengan domisilinya, sehingga lebih dekat dengan keluarga.

Menurut Yanto, dirinya mengetahui Job Fair ini melalui website dan laman Facebook EPS Center, kemudian dia melakukan pendaftaran melalui email dengan mengirimkan CV dan mengisi formulir pendaftaran.
HRD Korea biasanya membantu perusahaan Korea Selatan dalam hal SDM untuk dipertemukan dengan eks-TKI Korea, jika kualifikasinya cocok maka akan dilakukan wawancara kerja dengan perusahaan Korea di kantor HRD Korea. Kali ini acaranya lebih besar dengan melibatkan puluhan perusahaan Korea. (***)

Sumber : Industri
loading...
loading...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »