Artikel Pilihan

loading...

Begini Modus Pungli Perpanjangan SIM oleh Tiga Polisi Ini yang Kemudian Disergap

On 8:14:00 PM with No comments

loading...
loading...

Kepolisian Metro Jaya mengamankan tiga orang polisi yang diduga menjadi pelaku pungutan liar (pungli) di sejumlah tempat perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di Jakarta.
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, Kamis (13/10/2016), mengatakan, modus pungutan tersebut adalah meniadakan prosedur pemeriksaan kesehatan yang merupakan salah satu prosedur standar dalam perpanjangan SIM.

Ketiga terduga pelaku berinisial Aiptu Y (diamankan di mobil pelayanan SIM keliling Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur), Bripda RS (diamankan di gerai pembuatan SIM di Mal Taman Palem, Jakarta Barat), dan Brigadir TM (diamankan di mobil pelayanan SIM keliling LTC Glodok Jakarta Barat).

Awi menjelaskan, pungutan liar yang dilakukan Aiptu Y  yaitu meminta uang  sebesar Rp 25.000 kepada orang yang hendak memperpanjang SIM untuk biaya pemeriksaan kesehatan. Namun pada kenyataannya ia mengabaikan prosedur pemeriksaan kesehatan itu dan langsung ke tahap pengambilan gambar.
Tidak ada pemeriksaan kesehatan dan tidak ada surat keterangan kesehatan yang dibuat oleh Aiptu Y untuk para pemohon perpanjangan SIM.

Di mobil pelayanan SIM keliling di Jalan Dewi Sartika tersebut, petugas mengamankan uang tunai sebesar Rp 2,75 juta yang diduga berasal dari hasil pungutan liar untuk biaya kesehatan.
"Petugas SIM keliling tidak melakukan SOP tentang pemeriksaan kesehatan bagi pemohon SIM. Mereka juga tidak menerbitkan surat keterangan kesehatan," kata Awi.


Di pelayanan SIM keliling di LTC Glodok dan Mal Taman Palem, polisi menemukan modus yang sama. Bripda RS dan Brigadir TM meminta uang sebesar Rp 25.000 untuk prosedur kesehatan tetapi tidak pemeriksaan kesehatan yang dilakukan.

Di masing-masing tempat, petugas mengamankan uang sebesar Rp 1,9 juta dan Rp 1,6 juta.
"Petugas tidak mengisi blanko cek kesehatan serta tidak ada pengecekan kesehatan. Padahal di tempat pembuatan SIM ada pelayanan cek kesehatan dan tidak dipungut biaya," kata Awi.

Selain di tiga tempat tersebut, polisi hari ini juga menyisir tiga tempat lainnya, yaitu di mobil pelayanan SIM keliling Bekasi Kota, gerai pelayanan perpanjangan SIM A dan C di Artha Graha Mall, dan gerai SIM di Mal Alam Sutera, Tangerang.

 
Sumber : Tribunews.com
loading...
loading...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »