Artikel Pilihan

loading...

72 Kali beraksi, kawanan begal modus tabrak adik diciduk

On 9:01:00 PM with No comments

loading...
loading...
72 Kali beraksi, kawanan begal modus tabrak adik diciduk
Kawanan begal di Medan. ©2016 merdeka.com/yan muhardiansyah

Kawanan begal bermodus pura-pura menjadi keluarga korban kecelakaan lalu lintas diamankan petugas Unit Reserse Kriminal Polsek Sunggal. Kelompok ini sekurangnya sudah 72 kali dilaporkan merampas sepeda motor di sejumlah lokasi di Medan.

Tujuh orang anggota kawanan ini diringkus polisi dari 5 lokasi terpisah di Medan, Senin (3/10). Seorang di antaranya ditembak.

Ketujuh tersangka yang ditangkap masing-masing: Chandra Irawan Munthe alias Gondrong (24), Benny Syaputra Silaban (30), Andre Siregar, (27), Sigit Prasetya (30), Khairul Anwar (31), Andi Putra Tanjung (34), dan Yuda Armaja (25). Hanya nama terakhir yang bukan residivis.

"Mereka merupakan satu grup yang melakukan pencurian dengan cara menyetop korban, kemudian mengatakan korban telah menabrak adik pelaku. Selanjutnya mereka mengambil paksa sepeda motor korban," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting, Selasa (4/10).
Kawanan begal di Medan
Penangkapan ketujuh pelaku merupakan hasil penyelidikan Unit Reskrim Polsek Sunggal. Setelah mengetahui keberadaan para pelaku, penyergapan dilakukan. Ketujuh pelaku tertangkap.

"Pada saat dilakukan pengembangan, Chandra Irawan Munthe alias Gondrong mencoba melarikan diri, petugas melakukan pengejaran dan memberikan tembakan peringatan 3 kali, namun pelaku tidak menghiraukan. Selanjutnya dilakukan tembakan tegas dan terukur dan mengenai kaki pelaku sehingga pelaku berhasil diamankan," sambung Rina.

Dari tangan para tersangka disita sejumlah barang bukti seperti 1 unit mobil Honda Civic warna hitam, 6 unit sepeda motor, 4 unit handphone, 3 unit televisi, 1 unit home theater Polytron, 3 unit speaker aktif, 2 unit kipas angin, 1 unit laptop, serta uang dollar dan ringgit.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan petugas, kawanan ini sudah puluhan kali beraksi di sejumlah lokasi di Medan. Tidak kurang ada 72 Laporan Polisi (LP) perampokan yang disangka telah mereka lakukan.
Kawanan begal di Medan
Para tersangka masih menjalani pemeriksaan. Petugas juga terus memburu pelaku berinisial E yang belum tertangkap. "Tim juga mencari penadah berisial J di Amplas dan U di Aceh serta mencari barang bukti lainnya," pungkas Rina.
loading...
loading...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »