Artikel Pilihan

loading...

Parah, Kurang Tidur Semalam Sama Dengan 6 Bulan Makan Junkfood

On 7:07:00 PM with No comments

loading...
loading...


Awalnya aku juga gak percaya saat membaca judul ini pada salah satu web yang aku baca yang memaparkan, bahwa tak tidur semalam saja bisa sepadan dengan 6 bulan makan junkfood. Namun sebuah penelitian ilmiah lah yang membuktikannya.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Josiane Broussard, PhD dan beberapa peneliti dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles menemukan bahwa kurang tidur semalam saja dapat menurunkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sama besar seperti ketika kamu makan makanan berlemak selama 6 bulan lamanya.
Insulin sendiri adalah hormon yang diproduksi pankreas yang berfungsi menjaga kadar gula dalam darah, berperan dalam mengubah karbohidrat jadi energi dan menyimpan glukosa sebagai lemak tubuh untuk energi cadangan.
Ketika tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin, tubuh tak bisa memproduksi insulin yang cukup untuk menjaga kadar gula darah stabil. Jika kondisi ini berlanjut terus-menerus, maka tubuh bisa dengan muda mengembangkan potensi diabetes tipe 2, di mana tubuh tak dapat lagi memproses dan mengontrol gula dengan baik dalam tubuh.
Penelitian serupa juga dilakukan oleh Dr Broussard, yang mengujicoba pada anjing dengan memberi makanan kaya lemak selama 6 bulan dibandingkan dengan anjing yang tidak tidur semalam. Hasilnya, tubuh anjing mengalami penurunan sensitivitas insulin sebanyak 33 persen.
Orang diabetes atau kencing manis dengan kadar gula darah tinggi akan mudah sakit dan sulit sembuh bahkan berisiko terserang penyakit jantung. Ternyata, sebegitu besarnya pengaruh kurang tidur terhadap kerusakan insulin dan potensi serangan diabetes.
Meski memang dilakukan pada hewan, namun hal ini bisa jadi peringatan kesehatan bagi banyak orang tentang pengaruh kurang tidur yang berbahaya untuk tubuh. Tapi kabar baiknya, masalah insulin yang terjadi ketika kamu kurang tidur bisa "diobati" dengan cara menambah waktu tidur atau cukup tidur.
Jadi, jika kamu kurang tidur beberapa hari ini, bayar hutang tidurmu esok harinya agar tubuh bisa mengembalikan sensitivitas insulin seperti sedia kala lagi sehingga tubuh tak mengembangkan penyakit diabetes ya guys.

Sumber :: Vemale.com
loading...
loading...
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »